Minggu, 08 Juni 2014

TUGAS AKHIR

            Tugas Akhir. Mungkin kata ini tidak asing lagi di telinga mahasiswa, khususnya mahasiswa tahun akhir. Aku yang juga merupakan salah satu mahasiswa tahun akhir, tugas akhir memiliki “charm”nya tersendiri dibanding tugas-tugas lain yang kudapatkan selama masa perkuliahan.
            Di kampusku, khususnya di fakultasku ada beberapa urutan untuk menyelesaikan tugas akhir. Berikut merupakan urutan hal-hal yang harus dilakukan:
-          Proposal penelitian
-          Seminar proposal
-          Penelitian
-          Mengolah data hasil penelitian
-          Seminar hasil
-          Kompre (ujian sarjana)
Hal pertama yang harus dikerjakan untuk mengawali tugas akhir di kampusku yakni membuat proposal penelitian yang nantinya setelah di revisi dan di acc oleh dopem (dosen pembimbing) maka akan di lanjutkan dengan seminar proposal. Setelah mendapat berbagai masukan saat melakukan seminar proposal, maka kita dapat merevisi kembali hal-hal yang perlu di revisi untuk kelancaran proses penelitian yang akan di lakukan. Selain itu kita dapat menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melakukan penelitian seperti menyiapkan alat dan bahan (jika penelitian di laboratorium) atau mulai menghunting data (jika penelitian di rumah sakit). Jika semua keperluan sudah terpenuhi, maka kita dapat memulai penelitian kita tersebut.
Setelah semua proses penelitian terselesaikan, maka akan di dapatkan data hasil yang akan diolah untuk kemudian dipertahankan saat melakukan seminar hasil. Jika hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan, dan proses yang dilakukan untuk mendapatkan hasil sesuai prosedur, maka kemungkinan besar hasil akan diterima dan kita dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yakni ujian komprehensif (ujian sarjana).
Siapkan semua syarat untuk melakukan ujian kompre dan kemudian tunggu jadwal untuk ujian. Setelah jadwal keluar, persiapkan diri untuk ujian kompre. Saat hari H tiba. Lakukan ujian kompre dan beberapa jam kemudian kita akan mendapat gelar Sarjana di belakang nama kita.
Namun kenyataannya, untuk melakukan proses-proses diatas tidaklah semudah dan sesimple itu. Tugas akhir itu tidak hanya sekedar proposal, seminar, hasil, dan kompre, namun tugas akhir itu memberikan tugas untuk segala hal. Baik itu lahir dan batin, jiwa dan raga, fikiran, tenaga, serta hati nurani. Hahaha. Di sini aku belajar untuk menjadi lebih sabar. Ya, untuk menyelesaikan tugas akhir ini memang harus dan wajib memiliki rasa sabar. Kalau tidak, waaah. Entahlah. Hahaha J
Sabar di sini dalam banyak hal. Baik itu sabar menunggu, sabar menahan emosi, sabar saat melakukan penelitian, dan sabar untuk yang lain-lainnya. Selain harus memiliki rasa sabar, disini kita juga dilatih untuk dapat menaklukan rasa malas. Tak jarang banyak mahasiswa tahun akhir yang bermalas-malasan untuk memulai penelitiannya. Jadi poin lain yang di dapat saat melakukan tugas akhir yakni bagaiman kita dapat menaklukan diri kita sendiri.
Ternyata tugas akhir ini memang benar-benar “something”. Something yang dapat melatih seorang mahasiswa terhadap banyak hal. Yang tentunya dapat menguntungkan mahasiswa tersebut jika ia mengetahui bagaimana cara menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul selama ia menyelesaikan tugas akhirnya. Namun dapat pula menjadi something yang berbahaya jika mahasiswa tersebut tetap terlena dengan kenyamanan dirinya, masih belum bisa melawan rasa malas dalam dirinya dan tidak mau bergerak untuk menyelesaikan permasalahannya. Dan untuk mahasiswa yang seperti itu, diperlukan dukungan baik itu dari teman-temannya dan juga dari orang tua tentunya. Karena orang tua merupakan salah satu pemicu bagi para mahasiswa tahun akhir untuk dapat sesegera mungkin menyelesaikan tugas akhirnya.
So, untuk aku yang merupakana mahasiswa tahun akhir yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Ayoooooooo, jangan terbuai dengan rasa malas itu. Lawan dong, ayo di lawan. Pasti bisa. Ayooo di coba duluuuu. Kurangi jam mainnya, kurangi jam nontonnya. Tambah waktu kerjanya, tambah waktu bacanya, tambah waktu untuk skripsinya. Jangan Cuma niat aja, tapi actionnya juga harus ada!  #masih berjuang melawan diri sendiri-struggling –“
Jadi, kesimpulan yang aku dapat hingga saat ini, tugas akhir itu dapat memberikan something yang baik atau yang tidak baik tergantung dari bagaimana mahasiswa tersebut menyikapi tugas akhir yang memang harus di hadapinya. Intinya saat melakukan tugas akhir, perbaiki niat terlebih dahulu. Sehingga selama proses menyelesaikan tugas akhir, selain dapat ilmunya, kita juga bisa dapat berkah pahala jika kita ihklas melaksanakannya.
Salam J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar