Kamis, 01 Mei 2014

PART 4 - Kehidupan Camp dan Kelas

Minggu kedua di Pare kali ini ada yang beda. Salah satu sahabatku “V” tiba di Pare. Namun V tidak datang sendirian. Ia juga ditemani sahabatnya yakni “M”. Beruntung V dan M tinggal di camp yang sama denganku, yakni di camp 6. Namun kami beda kamar. V dan M satu kamar dengan tutor yang tinggal di camp 6 yang biasa kami panggil Miss “D”.
Oh iya, tidak hanya itu, dikamarku juga kedatangan beberapa member baru yang memiliki periode belajar yang sama dengan V dan M. Aku dan R mendapati 3 member baru di kamar 3, sebut saja mereka dengan Miss “A”, Miss “W”, dan Miss “Vi”. Selain mereka ada juga tambahan member baru di camp 6 untuk kamar 2 yakni Miss “I” dan Miss “A”. Jadi sekarang total member di camp 6 menjadi 17 orang. Rame dan seru.
Oke, kembali ke kehidupan belajar di Pare. Seperti yang pernah aku bilang, jadwal belajar disini memang dimulai dari pagi hari dan diakhiri pada malam hari. Salah satu kelas yang aku hadiri waktu itu, yakni kelasnya Mr. B (Listening & Speaking) merupakan salah satu kelas yang aku sukai. Di kelas ini, aku belajar dengan metoda yang unik dan menantang. Namun bukan berarti kelas-kelas yang lain tidak menantang. Tiap kelas memiliki keunikan dan tantangannya masing-masing. J
Tantangan pertama yang aku dapat di kelas Listening & Speaking ini yakni kami harus melakukan interview pada orang lain yang juga sedang kursus bahasa inggris di Pare, tidak boleh dari tempat kursus yang sama, kami harus mencari orang dari tempat kursus yang berbeda. Tidak hanya harus menginterview, kami juga harus membuat video rekaman saat kami melakukan interview sebagai bukti interview kami. Sebelum melakukan interview kami diberikan beberapa topik, dan kami boleh memilih topik mana yang ingin kami jadikan untuk pembicaraan di interview kami nantinya. Dan satu lagi, orang yang di interview harus berbeda jenis kelamin dengan kita ditambah lagi kita harus bisa mendapatkan nomor hape dari orang yang kita interview. Hahaha.
Tantangan selanjutnya yang aku dapati dari kelas ini yakni, aku dan teman-teman yang lainnya diberikan beberapa topik dan kami bebas memilih topik mana yang ingin kami angkatkan. Namun kali ini berbeda. Topik yang sudah kita pilih tersebut harus kita ceritakan pada orang-orang yang sedang menunggu lampu merah berubah menjadi lampu hijau.
 Ketika aku sedang speak up

Ketika lampu lalu lintas berubah merah, langsung saja kami turun ke tengah jalan dan teriak sekencang mungkin tentang topik yang sudah didapat sebelumnya untuk diceritakan pada orang-orang yang sedang menunggu lampu merah berubah menjadi lampu hijau. Hahaha. Rasanya seruuu banget. Serius deh. Walaupun orang-orang yang lagi nungguin lampu merah gak tau mikir apa tentang kami yang teriak-teriak di jalan, tapi perasaan ketika kami melakukan hal itu seruuu bangett.
Berfoto bersama member lainnya (sedang lampu merah) seusai speak up di tengah jalan raya.

Nah, tantangan lain dari kelas ini yakni Toastmaster. Hal ini biasa dipake buat exam di kelas ini. Toastmaster merupakan salah satu kontes speech Internasinal. Di Toastmaster ini kita harus mempersiapkan sebuah speech dengan rentang waktu yang sudah ditetapkan, dimana minimal 3 menit dan maksimal 4 menit. Saat melakukan Toastmaster akan lebih baik jika kita menyampaikan speech yang juga dibarengi dengan body language, jangan lupa juga untuk melakukan eyes contact dan tunjukkan wajah yang relaks, selain itu lakukan speech dengan jelas dan dengan bahasa inggris yang dimengerti.
Kali pertama aku melihat video Toastmaster, hal pertama yang muncul difikiranku saat itu, Toastmaster seperti Stand Up Comedy versi bahasa inggris. Haha. Karena tidak sedikit joke yang dilontarkan speaker saat menyampaikan speechnya. Namun ternyata di Toastmaster kita bisa membuat speech dalam bentuk yang lebih serius (tidak banyak joke).
Jadi, dengan melakukan Toastmaster ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil di depan umum, melatih kemampuan berkomunikasi secara terstruktur, serta kemampuan untuk mempersuasif orang lain.
Teman-temanku memiliki speech yang keren-keren. Speech mereka sarat akan makna. Senang sekali bisa melihat penampilan mereka. Terutama penampilan salah satu teman kami P yang kocaknya bukan main. Hahaha. Selain dari tantangan di atas, masih banyak lagi tantangan-tantangan yang aku dapatkan saat belajar di kelas Listening & Speaking ini. SERU deh pokoknya. Hahaha.
Kelas lain yang aku ikuti yakni kelas Go Go Talk, berakhir pada minggu ini. Di hari terakhir itu kami di wanti-wanti oleh Mr. “A” untuk belajar tentang semua materi yang sudah dipelajari sebelumnya karena nantinya akan diujikan saat hari terakhir belajar. Namun ternyata yang ditanya saat hari H hanya 1 pertanyaan. Hahaha. Dan pertanyaan yang lainnya berhubungan denga pesan dan kesan untuk masing-masing member di kelas Go Go Talk. Selain pesan dan kesan, kami juga harus menuliskan data diri seperti nama, asal, dan kontak. Hasil tulisan ini nantinya menjadi kenang-kenangan bagi kami yang telah mengambil kelas di Go Go Talk ini. Selain itu kami juga foto bareng di depan office Mr. Bob. Waaaaaah. Jadi kangen ama member di kelas Go Go Talk. Hehehe J
Kenang-kenangan dari kelas Go Go Talk Mr. Bob

Kembali ke kehidupan camp. Setelah lelah dengan aktivitas selama 1 minggu, kami pun memanfaatkan weekend untuk beristirahat full. Istirahat full disini apalagi kalau bukan TIDUR. Hahaha. Karena aku harus menghadiri 8 kelas, jadi saat weekend tiba, langsung saja kupuas-puaskan untuk tidur. Setelah puas tidur, aku dan teman-teman camp pergi ke salon. Sehabisnya dari salon, tidak lupa untuk foto-foto. Malamnya, aku, V, M, dan P pergi karaoke sekalian temu kangen karena 1 minggu ini kami gak sempat main bareng karena jadwal belajar yang berbeda-beda.
Foto setelah puas istirahat di salon



Mampir sebentar di salah satu mesjid yang ada di sebelah Taman Kili Suci

Selfie berlima di Taman Kili Suci


2 komentar:

  1. Hallo Yola, nice to know if you have a blog too...
    Your story about Pare is awesome.
    Congratulation, lanjutkan menulis ya...

    BalasHapus
  2. Hallo Mr. Jefri :)
    thank u so much for your time to read about my story
    yes, i'll keep to write in my blog and in my last story in Pare will be your attendance
    even though just a little bit. haha.
    hope you can enjoy it..

    BalasHapus