Senin, 26 Desember 2011

Bus Kampus - UA

Bus kampus UA adalah salah satu alat transportasi yang dapat di gunakan oleh mahasiswa untuk dapat menjangkau wilayah kampus UA. Tidak hanya mahasiswa yang dapat menggunakan bus kampus ini, namun masyarakat pun dapat menaikinya agar dapat sampai ke kampus Universitas Andalas.

Ada beberapa aturan yang dijalanakan pada Bus kampus UA, diantaranya yaitu :

  1. Telah ditetapkan tempat-tempat tertentu untuk naik maupun turun dari bus kampus. Dimana apabila ada mahasiswa maupun masyarakat yang ingin menaiki atau turun dari bus kampus hendaknya mereka dapat melakukannya di tempat-tempat yang telah di tentukan, yakni di halte-halte yang telah disediakan.
  2. Adapun apabila kita akan menaiki bus kampus, bagi penumpang perempuan dapat menaiki bus kampus dari pintu bagian depan dan penumpang laki-laki dapat menaiki bus kampus dari pintu belakang
  3. Tempat duduk untuk penumpang perempuan ada di bagian depan, sedangkan untuk penumpang laki-laki ada di bagian belakang
  4. Bagi setiap penumpang yang menaiki bus kampus, hendaknya dapat menggunakan pakaian yang sopan
  5. Dilarang pada para penumpang untuk duduk berpasangan. Karena tempat duduk penumpang telah diatur sedemikian rupa.
  6. Dilarang untuk merokok di dalam bus kampus bagi para penumpang
  7. Menjaga kebersihan bus kampus, dengan tidak membuang sampah sembaranag di dalam bus kampus
  8. Para penumpang harus antri dengan tertib saat memasuki bus kampus
  9. Apabila sopir bus mengendrai bus diatas kecepatan rata-rata, maka penumpang dapat mengingatkannya dengan sopan
  10. Dan masih banyak lagi peraturan yang dijalanakan di bus kampus UA

Aturan-aturan yang digunakan bus kampus UA sudah diatur sedemikian rupa. Sehingga hendaknya dapat di taati oleh para penumpang yang menggunakan bus kampus ini.

Namun pada kenyataannya, ada beberapa aturan yang tidak ditaati oleh para penumpang yang menggunakan bus kampus. Diantaranya masih sering ditemukannya bus kampus dalam keadaan kotor. Hal ini biasanya disebabkan oleh para penumpang yang masih membuang sampah sembarangan di dalam bus kampus. Kurangnya kesadaran penumpang akan pentingnya kebersihan di dalam bus kampus dapat menjadi factor utama yang mengakibatkan bus kampus tidak dapat menjadi bersih seperti apa yang kita inginkan bersama.

Selain tentang kebersihan bus kampus, hal lain yang masih kurang memuaskan dari aturan yang telah dibuat yakni tidak berjalannya budaya antri seperti yang telah di sebutkan di aturan-aturan tadi. Dimana pada kenyataanya apabila ada bus kampus yang datang ke halte, maka secara otomatis para penumpang akan menyerbu bus kampus tanpa menghiraukan lagi aturan antri yang telah ditetapkan. Penumpang akan berebutan untuk dapat naik ke dalam bus kampus. Selain itu, bila penumpang yang menunggu di halte ada banyak, biasanya dalam 1 bus, akan padat diisi oleh penumpang. Dimana apabila kita lihat sekilas (bagi yang belum terbiasa) maka hal ini akan terlihat agak mengerikan. Bus kampus terlihat seakan-akan terlalu penuh dan terlihat akan jatuh bila sudah berada di jalan yang berbelok. Walaupun ini hal yang sepele, namun jika terus dibiarkan, lambat laun hal ini bisa menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Oleh karenanya sebelum hal-hal tersebut terjadi, hendaknya kita dapat mengantisipasinya sedari dini.

Keluar dari semua aturan diatas, pengelolaan bus kampus sudah berjalan dengan baik. Dan saya sebagai salah seorang mahasiswa yang menggunakan bus kampus sebagai alat transportasi saya ke kampus, merasa bus kampus sudah cukup membantu saya untuk dapat menjangkau kampus. Untuk itu, saya mengimbau kita sebagai sesama pengguna bus kampus untuk dapat sama-sama menjaga dan merawat bus kampus kita untuk kebaikan kita bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar